Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Staf Ahli Bupati Bartim Buka Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Desember 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Staf Ahli Bupati Barito Timur Bidang Ekonomi dan Keuangan Bunyamin, membuka penyuluhan manasik haji sepanjang tahun yang diselenggarakan Biro Kesra Setda Provinsi Kalteng bersama Kanwil Kemenag Kalteng bagi jemaah calon haji Barito Timur, di GPU Mantawara Tamiang Layang, Kamis, 7 Desember 2023.

Saat membacakan sambutan Pj Bupati Barito Timur, Bunyamin mengatakan Pemkab Barito Timur mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut dan menilai penyuluhan manasik haji sepanjang tahun sangat penting dan harus diikuti dengan sungguh-sungguh oleh setiap calon jemaah haji.

"Karena ini akan meberikan motivasi dan bekal awal pada jemaah haji estimasi keberangkatan tahun 2024 dalam mempersiapkan diri menjelang keberangkatan nanti," ujarnya.

Bunyamin menjelaskan, penyuluhan manasik haji merupakan rangkaian usaha untuk menjalankan rukun Islam kelima yang memerlukan persiapan-persiapan yang matang, baik jasmani, rohani maupun finansial.

"Persiapan kesehatan jasmani bagi calon jemaah haji diperlukan sejak dari tanah air sampai pelaksanaan ibadah haji di tanah suci Makkah Al Mukarramah, Madinah, Arafah dan Mina yang banyak menguras tenaga dan energi," tuturnya.

Bunyamin menjelaskan, persiapan ilmu tentang manasik haji juga sangat penting bagi calon jemaah haji untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang perhajian.

"Ibadah haji ini memang harus dilakukan di Arab Saudi dan dilakukan oleh umat Islam dari berbagai penjuru dunia yang terkadang dengan berbagai macam cara dan pemahaman masing-masing," katanya.

Untuk itu dia meminta kepada calon jemaah haji agar selama kegiatan berlangsung untuk menanyakan sejelas-jelasnya seluk beluk tentang pelaksanaan ibadah haji, baik yang berkenaan dengan sisi ibadahnya maupun terkait informasi terkini dari pemerintah terkait persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024.

Bunyamin juga mendoakan seluruh calon jemaah haji agar selalu diberikan kemudahan dalam menjalani segala tahapan persiapan keberangkatan haji.

"Sehingga pada waktunya nanti dapat ditetapkan sebagai jemaah yang memenuhi syarat Istithoah dan akhirnya bisa berangkat menunaikan Rukun Islam yang kelima ke Tanah Suci," ucapnya.

Berita Terbaru