Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satlantas Polres Kotim Ingatkan ini untuk Penggunaan Sepeda Listrik

  • Oleh Buddi Rahmat H
  • 07 Desember 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penggunaan sepeda listrik di jalan raya di Kota Sampit, Kotawaringin Timur (Kotim) dilarang polisi, Satlantas mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Sampit, untuk tidak mengendarai sepeda listrik di jalan raya, karena dapat membahayakan pengendara lainnya.

“Diimbau kepada orang tua agar dapat mengingatkan anak-anak untuk tidak mengendarai sepeda listrik di jalan raya, karena dapat membahayakan pengendara lain,” kata Kasat Lantas Polres Kotim AKP Firdaus Canggih, Kamis, 7 Desember 2023.

Diringa mengatakan pengguna sepeda listrik di Kotim khususnya Kota Sampit, didominasi oleh anak-anak sekolah dan orang dewasa yang seharusnya digunakan di kawasan tertentu bukan di jalan raya.

Untuk itu diperlukan peran masyarakat untuk membantu memberikan pemahaman yang benar terkait dengan keselamatan pengguna sepeda listrik, terutama pada anak-anak agar angka kecelakaan di jalan raya dapat ditekan.

Karena memang sepeda listrik juga diketahui tanpa suara sehingga membuat pengendara lainnya kaget dan hal itu dapat menyebabkan kecelakaan lalu-lintas.

“Imbauan itu dilakukan demi keselamatan pengguna sepeda listrik itu sendiri maupun pengguna jalan lainnya,” jelasnya.

Oleh sebab itu, anggota kepolisian akan memberikan himbau sesuai dengan aturan yang berlaku kepada para pengendara sepeda listrik di kawasan yang tidak seharusnya.

Untuk itu juga kecepatan untuk hoverboard unicycle dan otopet maksimal enam kilometer per jam, kecepatan skuter listrik dan sepeda listrik maksimal 25 kilometer per jam.

Hal tersebut dilakukan sebab telah ada laporan kecelakaan yang dialami pengendara sepeda motor dan sepeda listrik saat berada di jalan raya.

“Sudah terjadi kecelakaan namun belum ada yang fatal, seperti senggolan kendaraan memang pernah terjadi namun tidak sampai menimbulkan korban jiwa hanya luka lecet saja,” jelasnya.

Berita Terbaru