Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemendikbudristek: MBKM Berdampak Positif Bagi Dunia Kerja Mahasiswa

  • Oleh ANTARA
  • 08 Desember 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam menyatakan program-program dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) membawa dampak positif bagi kesiapan mahasiswa terhadap dunia kerja.

“Dampaknya mulai terlihat karena sudah banyak yang lulus dari program ini. Tahun lalu kita lakukan survei antara capaian peserta program MBKM dan yang tidak ikut MBKM,” katanya dalam webinar akselerasi SDM unggul untuk Indonesia Emas di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan sejauh ini mahasiswa yang menjadi peserta program dalam MBKM sudah mencapai 860 ribu orang baik yang diselenggarakan secara nasional maupun oleh masing-masing perguruan tinggi.

Berdasarkan survei yang dilakukan Kemendikbudristek pada tahun lalu, dampak positif MBKM terhadap mahasiswa di antaranya adalah peserta menjadi lebih siap dan lebih berpengalaman baik secara hardskill maupun softskill.

Dahulu, kata Nizam, pelaku industri sering protes dan mengeluh dengan kesiapan lulusan perguruan tinggi terhadap dunia kerja, namun sekarang pelaku industri justru sangat mencari para lulusan perguruan tinggi terutama yang mengikuti program MBKM.

“Sekarang kita siapkan hardskill dan softskill. Kita siapkan spirit siap kerja bersama dunia kerja sehingga tidak ada komplain dan ketidaksambungan lulusan perguruan tinggi kita dengan dunia kerja sesungguhnya,” katanya.

Antusiasme pelaku industri tersebut pun membuat peserta program MBKM memiliki masa tunggu yang lebih sebentar dalam mendapatkan pekerjaan dibandingkan mahasiswa yang tidak mengikuti program ini.

Bahkan, lulusan yang merupakan peserta program MBKM juga memiliki pendapatan pertama yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengikuti program tersebut.

Selain menyiapkan lulusan yang siap dengan dunia industri, program ini juga menyiapkan mahasiswa untuk bisa menjadi seorang wirausahawan sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Hal tersebut dilakukan melalui program Wirausaha Merdeka yang merupakan salah satu program di bawah MBKM.

“Pesertanya (Wirausaha Merdeka) sampai 11 ribuan di semester kemarin. Kita gerakkan semua lini dan potensi agar bisa mengembangkan potensinya secara optimal,” kata Nizam.

ANTARA

Berita Terbaru