Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kapuas Raih Penghargaan OPD Responsif Tindak Lanjuti SP4N LAPOR

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Desember 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas meraih penghargaan OPD yang responsif dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Penghargaan tersebut diberikan Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas disela kegiatan Bimtek penguatan kapasitas operator dalam Pengelolaan Informasi (PPID), Pengaduan (SPAN-LAPOR), dan Kehumasan di aula Bappelitbangda setempat.

“Menjadi salah satu OPD yang responsif dalam menjawab pertanyaan dari masyarakat adalah sebuah kebanggaan yang diterima oleh Disdukcapil Kabupaten Kapuas,” kata Plt Kepala Disdukcapil Kapuas, Sipie S Bungai, Jumat, 8 Desember 2023.

Menurut dia, PPID dianggap penting dalam memberikan informasi berdasarkan data dan fakta yang valid. Sehingga, masyarakat bisa memantau dan mengetahui perkembangan instansi pemerintahan melalui PPID dan tidak perlu repot serta bingung mengenai keberadaan kabar dari sebuah instansi.

Pelayanan informasi pada PPID diutarakannya harus sesuai dengan kaidah yang berlaku, juga untuk pendokumentasiannya agar semua proses administrasinya berjalan dengan baik.

Dalam terapannya, admin selaku gerbang informasi dan peran pembantu PPID harus responsif dan tanggap terhadap apapun yang menjadi keluhan dari masyarakat, serta cepat tanggap dalam melayani permintaan warga untuk kemajuan Disdukcapil Kabupaten Kapuas.

"Melalui penghargaan yang diterima ini harapan kami ke depannya sudah tidak adanya lagi keluhan terkait ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan publik dan harus lebih responsif," harapnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru