Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Sebut Ketersedian Sarana Air Bersih Sejumlah Wilayah Belum Memadai

  • Oleh Marini
  • 08 Desember 2023 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalteng Kuwu Senilawati mengatakan, beberapa wilayah di Kalteng, seperti Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas (Gumas), masih belum memiliki sarana air bersih memadai.

Menurutnya, air bersih merupakan kebutuhan dasar manusia dan menjadi aspek penting dalam menjaga kesehatan manusia itu sendiri. 

"Keberadaan air bersih masih menjadi persoalan yang kompleks, terutama di daerah terpencil seperti yang terjadi di wilayah Kalteng," katanya, Jumat, 8 Desember 2023.

Ia mendorong pemda melalui perusahaan daerah air minum (PDAM) untuk berinovasi guna memenuhi kebutuhan air bersih di daerah pedesaan. 

"Salah satu dengan membangun jaringan air bersih, yang dapat berupa penampungan air khusus atau sistem pengaliran yang dapat diakses oleh warga desa," tuturnya.

Ia memberikan masukan untuk mengembangkan teknologi solusi yang dapat diakses oleh seluruh desa di wilayah Kalteng, katanya PDAM dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dalam hal air bersih.

"Keberadaan sistem ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, di desa sehingga mengurangi krisis air bersih yang terjadi," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru