Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

5.194 Rumah Tangga di Kalteng Dapat Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Desember 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), memberikan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) gratis kepada 5.194 rumah tangga kurang mampu di Provinsi Kalimantan Tengah.

Secara simbolis dilakukan kegiatan Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL Provinsi Kalimantan Tengah, di Aula Balai Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Koordinator Perlindungan Lingkungan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Bayu, Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin, Staf Ahli Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Priyo Wurianto, Asisten III Setda Kobar Syahrudin, tokoh masyarakat setempat serta tamu undangan lainnya.

Koordinator Perlindungan Lingkungan Ketenagalistrikan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Bayu, mengatakan, pemberian bantuan ini, bertujuan sebagai upaya meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat yang tidak mampu membayar biaya pasang listrik sendiri.

"Masih terdapat juga masyarakat yang tinggal di perdesaan maupun perkotaan yang sudah terdapat jaringan listrik PLN di depan rumah, namun belum bisa menyambung listrik sebagai pelanggan PLN. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan bayar biaya pasang baru listrik, sehingga harus menyalur atau berbagi sambungan listrik dengan tetangga," kata Bayu.

Lebih lanjut Bayu menjelaskan bahwa melalui program BPBL ini, diharapkan dapat membuat masyarakat mandiri dan tidak tergantung dengan listrik dari orang lain.

"Program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kemandirian masyarakat. Dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi  tergantung penyediaan listrik dari tetangga," jelas Bayu.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menyampaikan, bahwa listrik saat ini menjadi kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat, untuk itu dirinya sangat concern terhadap listrik.

"Listrik itu mendukung pendidikan, mendukung kesehatan, listrik itu yang utama, apalagi di era digitalisasi, pembangunan butuh listrik. Oleh karena itu listrik sangat vital dan sangat dibutuhkan masyarakat," kata Mukhtarudin.

Mukhtarudin juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) yang telah bekerjasama melistriki masyarakat melalui program BPBL

Berita Terbaru