Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Barito Utara Sosialisasi Pendidikan Politik

  • Oleh Ramadani
  • 12 Desember 2023 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Barito Utara sosialisasi pendidikan politik dalam rangka memperkuat peran dan partisipasi pemilih dalam mensukseskan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 tingkat Kabupaten Barito Utara, di aula Dinas Kesehatan.

Pj Bupati Barito Utara dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala KesbangPol) Barito Utara H Yaser Arapat mengatakan, pendidikan politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah merupakan salah satu bagian dari kegiatan pendidikan politik. Dengan demikian diharapkan sosialisasi dan pendidikan politik ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai pemilih yang baik untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 di daerah ini,” kata H Yaser Arapat, Selasa 12 Desember 2023.

Pj bupati, kata dia,  mengharapkan dengan pendidikan politik ini nantinya mampu menambah wawasan kepada para peserta, sehingga peserta sosialisasi dapat menyampaikan kepada keluarga, teman, kerabat dan tetangga di sekitarnya betapa pentingnya partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pemilu dan pemilukada serentak 2024 mendatang.

Dijelaskannya, sesuai hasil perhitungan suara KPUD Kabupaten Barito Utara pada pemilihan bupati dan wakil bupati periode  2018–2023 lalu bahwa partisipasi masyarakat di Kabupaten Barito Utara yang menggunakan hak pilihnya hanya mencapai 65 persen dari jumlah daftar pemilih tetap.

“Sedangkan pada pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak pada tahun 2018, target nasional partisipasi pemilih menggunakan hak pilihnya 77 persen,” kata dia.

Pada saat ini, kita sudah memasuki tahapan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak, sudah melaksanakan tahapan kampanye paslon, dan tidak lama lagi tepatnya pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024, kita akan melaksanakan pemungutan suara.

“Oleh sebab itu saya mengajak dan menghimbau kepada kita semua untuk menggunakan hak pilihnya serta tidak golput/tidak memilih, karena pesta demokrasi ini untuk memilih pemimpin yang diadakan setiap 5 tahun sekali. Karena satu suara anda sangat menentukan nasib bangsa dan daerah 5 tahun kedepan,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga Pj Bupati melalui Asisten menyampaikan pesan kepada peserta sosialisasi dan pendidikan politik supaya mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini dapat disosialisasikan kepada warga di kecamatan, desa/kelurahannya masing–masing.

“Sekali lagi saya mengajak kepada kita semua dan masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan pemilu dan pemilukada serentak tahun 2024 mendatang. Tidak lupa saya sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu yang membantu mengawal jalanya rangkaian tahapan pemilu serentak tahun 2024 mendatang,” pungkasnya. (RAMADHANI/j)

Berita Terbaru