Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mahasiswa Diminta Bantu Sosialisasi Pajak Daerah

  • Oleh Hendri
  • 12 Desember 2023 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Palangka Raya, Emi Abriyani, mengajak generasi muda khususnya mahasiswa untuk ikut serta mensosialisasikan pentingnya pajak daerah kepada masyarakat luas.

Menurutnya, pajak daerah merupakan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang sangat berpengaruh terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami berharap mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam hal kesadaran membayar pajak dan mampu mengedukasi masyarakat agar taat bayar pajak," katanya, Selasa, 12 Desember 2023.

Mahasiswa memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi dan edukasi tentang pajak daerah kepada masyarakat, terutama di lingkungan tempat tinggal, kampus, dan organisasi kemahasiswaan.

Emi menjelaskan, pajak daerah terdiri dari 11 jenis, antara lain pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan.

Kemudian pajak air tanah, pajak parkir, pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak kendaraan bermotor (PKB) dan pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

Pajak daerah ini, lanjut Emi, sangat berkontribusi terhadap peningkatan PAD yang diperuntukan untuk membangun infrastruktur, fasilitas kesehatan, pendidikan dan bantuan sosial lainnya.

"Kami mengapresiasi partisipasi dan antusiasme mahasiswa dalam kelas pajak daerah yang kami hadirkan. Kami berharap ke depannya, mahasiswa dapat menjadi mitra dalam menggalang dukungan masyarakat untuk membayar pajak daerah secara tepat dan taat," pungkasnya. (HENDRI/j)

Berita Terbaru