Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPHP Kalteng Minta SDM Penyuluh Pertanian Ditambah

  • Oleh Marini
  • 12 Desember 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sunarti mengatakan, penyuluh pertanian dapat ditambah karena memiliki peran besar untuk meningkatkan produktifitas.

"Pada masa mendatang, diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) 1 desa 1 penyuluh. Atas dasar pertimbangan luas lahan pertanian yang luas," katanya, Selasa, 12 Desember 2023.

Penyuluh memiliki tugas dan fungsi memberikan kepada petani melalui pendekatan kelompok tani untuk pengetahuan dan keterampilan.  

Bahkan ada tugas lain penyuluh tidak hanya dipertanian saja, memiliki keterkaitan dengan stunting, perceraian saat usia muda yang belum memiliki skil sehingga penyuluh berkontribusi didalamnya untuk mengarahkan.

"Penyuluh berkontribusi tidak hanya pertanian saja, namun mereka memiliki tugas untuk lapangan pekerjaan. Misalkan, gini lo cara budidaya jamur, usaha tanaman kalau tidak punya lahan bisa pakai hidroponik atau pot itukan bisa," jelasnya.

Dirinya juga mengakui, bahwa saat ini penyuluh di Kalteng masih kurang, dikarenakan pensiun. Dan belum ada penambahan SDM. (MARINI/H)

Berita Terbaru