Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Advokasi PUG Dilaksanakan untuk Wujudkan Kesetaraan Gender

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 Desember 2023 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Kabupaten Kapuas melakukan kegiatan advokasi kebijakan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) bagi Tim Driver PUG dan pejabat perencana pada perangkat daerah, Selasa, 12 Desember 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen organisasi perangkat daerah Driver PUG dalam mewujudkan kesetaraan gender, 

Kegitan tersebut dibuka secara langsung oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dan Hadir pada kegiatan tersebut Narasumber dari Kementrian PPPA, Maftuh Muhtadi.

Turut dihadiri Kepala Dinas P3APPKB Kapuas dr. Tri Setyautami, Kepala Kesbangpol Kapuas Marlina Kasyfiatie, Pejabat Perencana perangkat daerah di Kabupaten Kapuas.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi dalam sambutannya mengatakan ada lima arahan Presiden kepada Mentri Perempuan dan Perlindungan Anak yang perlu dipahami.

Kelima arahan tersebut adalah peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak, penurunan pekerja anak, serta pencegahan perkawinan anak. 

Arahan tersebut adalah bentuk upaya untuk pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender dalam pembangunan.

"Saya mengajak kita semua untuk mendukung, melaksanakan dan mensukseskan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Kapuas melalui perencanaan dan penganggaran yang responsif gender,” katanya.

Lebih lanjut, keadilan dan kesetaraan gender adalah pandangan bahwa semua orang harus menerima perlakuan yang setara dan tidak didiskriminasi berdasarkan identitas gender. 

Tujuan dari keadilan dan kesetaraan gender adalah agar setiap orang memperoleh perlakuan yang sama dan adil dalam masyarakat, tidak hanya dalam bidang politik, di tempat kerja atau bidang yang terkait dengan kebijakan tertentu dalam pembangunan.

Berita Terbaru