Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Utara Harapkan Peran Masyarakat Turut Membangun Daerah

  • Oleh Ramadani
  • 13 Desember 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui BappedaLitbang setempat melaksankaan kegiatan forum konsultasi publik. Dimana konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penting dalam penyusunan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) Kabupaten Barito Utara tahun 2025-2045.

Dalam konsultasi publik tersebut, dihadiri Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini dan anggota DPRD lainnya yaitu H Tajeri dan Hj Rujana Anggraini.

Ditemui usai pembukaan konsultasi publik, Ketua DPRD Barito Utara, Hj Mery Rukaini menyambut baik dengan adanya penyusunan awal RPJPD Kabupaten Barito Utara 2025-2045. Hal ini dikarenakan untuk mematangkan kemajuan dan perkembangan daerah untuk jangka waktu yang tidak terkira, dengan adanya RPJPD ini juga dirasa dapat memberikan waktu efisien untuk melakukan perencanaan pembangunan wilayah Barito Utara kedepan.

Ia juga mengharapkan peran dari seluruh lapisan masyarakat di daerah ini untuk membantu berkembanganya daerah, dengan turut bergotong royong membangun daerah bersama pemerintah, kita harapkan hasilnya juga akan lebih baik.

Legislator wanita usungan Partai Demokrat ini  juga mengatakan, bahwa penyusunan awal RPJPD Kabupaten Barito Utara merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok pembangunan daerah jangka panjang untuk 20 tahun kedepan.

Dikatakannya, konsultasi publik rancangan awal ini merupakan bagian dari beberapa tahapan RPJPD yang dilaksanakan secara berjenjang menurut pemerintahan.

Dimulai persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), penyusunan rancangan RPJPD, pelaksanaan musrenbang RPJPD, perumusan rancangan akhir RPJPD, dan penetapan RPJPD sebagaimana tercantum dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017.

Dirinya juga mengajak kepada kita semua agar ikut ambil bagian dalam merumuskan visi, misi, sasaran pokok dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Barito Utara untuk 20 tahun ke depan. 

Ia juga menjelaskan bahwa kita tidak menginginkan Kabupaten Barito Utara pada 20 tahun yang akan datang tertinggal dibandingkan dengan kabupaten lainnya di indonesia dan terutama di pulau Kalimantan.

Untuk itu, perlu kerja keras kita bersama dimulai dengan merumuskan cita-cita dan harapan terhadap pembangunan di Kabupaten Barito Utara yang akan bermanfaat bagi Kabupaten Barito Utara sampai dengan 20 tahun yang akan datang.

“Walaupun nantinya kita yang ada disini (hadir dalam konsultasi publik) nantinya tidak menjabat lagi, tetapi minimal kita sudah dapat mengetahui kemana arah pembangunan Kabupaten Barito Utara sampai 20 tahun yang akan datang,” kata dia. (RAMADHANI/j)

Berita Terbaru