Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Pulang Pisau Lakukan Upaya Penanganan dan Pencegahan DBD

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 16 Desember 2023 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina mengatakan, beberapa upaya telah dilakukan dalam penanganan dan pencegahan kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) di daerah tersebut.

"Kami telah melakukan penyuluhan, pemberantasan sarang nyamuk, abatisasi dan tindakan fogging di wilayah Kecamatan Maliku," ucapnya, Sabtu, 16 Desember 2023.

Ia menjelaskan, program pemberantasan sarang nyamuk yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Pulang Pisau yang digagas oleh Puskesmas Maliku, TNI, Polri dan lintas sektor di wilayah tersebut dinilai sangat baik mengingat saat ini kasus DBD di Pulang Pisau lumayan banyak.

"Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Puskesmas Maliku dan mendorong Puskesmas di Kecamatan lain juga melakukan hal yang sama," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan imbauan terkait penyakit DBD kepada seluruh masyarakat di kabupaten Pulang Pisau dengan menjaga kebersihan lingkungan, duduk di luar rumah saat sore hari, memakai obat oles anti nyamuk saat bepergian dan apabila merasa sakit segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

Ia menambahkan, lakukan juga pemberantasan sarang nyamuk dengan 3M plus yaitu menutup , menguras dan membersihkan bak mandi seminggu sekali, mengubur barang bekas.

"Plus nya, dengan tidak menggantung baju yang sudah dipakai, membersihkan talang air, menjaga kebersihan lingkungan sekitar dari sampah yang bisa membuat genangan air untuk nyamuk bertelur," tutupnya. (M PRADILA KANDI/H)

Berita Terbaru