Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kakanwil Kemenag Kalteng Kukuhkan Badan Kesejahteraan Masjid Kota Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Desember 2023 - 10:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah,  H Noor Fahmi mengukuhkan pengurus Badan Kesejahteraan Masjid atau BKM Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah di aula Kemenag Kalteng.

Pengukuhan ini berlangsung secara luring dan daring, sebagai tindak lanjut dari pengukuhan BKM Provinsi se-Indonesia oleh Dirjen Bimas Islam selaku Ketua Umum BKM, dan pengukuhan BKM Pusat oleh Menteri Agama pada 3 Mei 2023 di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dalam keterangannya resminya pada Sabtu, 16 Desember 2023, H Noor Fahmi mengatakan BKM ini sebelumnya sudah ada di tahun 1972, dan tahun 2022 baru direvitalisasi dengan wajah baru oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Ia berharap setelah dikukuhkan, BKM Kabupaten/Kota langsung bergerak dengan menyusun rencana kerja dan kegiatan untuk memakmurkan masjid.

"Segera lakukan koordinasi," kata Alumni Doktoral Universitas Nusantara Bandung.

Setelah ini, segera dibentuk pengurus BKM kecamatan dan Desa. Sehingga keberadaan masjid bisa berfungsi dengan baik.

"Masjid tidak hanya sebagai tempat pelaksanaan ibadah sholat saja. Tetapi masjid bisa sebagai sarana untuk berdakwah, sarana pendidikan seperti taman pendidikan Al-Quran, sarana sosial tempat musyawarah, tempat pernikahan dan sarana peningkatan ekonomi umat," pungkasnya.

Dalam susunan pengurus BKM Kabupaten/ Kota yang termaktub dalam surat keputusan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalteng, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota sebagai ketua, dan kasi Bimas Islam sebagai ketua harian. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru