Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Proses Mamapas Lewu di Palangka Raya Diwarnai Hujan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 17 Desember 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Proses penguburan kepala kerbau dalam upacara tradisional Mamapas Lewu di Palangka Raya berlangsung lancar meskipun diwarnai oleh guyuran gerimis hujan.

Kegiatan ini dipimpin secara langsung oleh Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, di halaman belakang kantor Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Palangka Raya.

"Kegiatan ini merupakan ungkapan syukur kepada roh-roh penjaga Palangka Raya selama tahun 2023," kata Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu Minggu, 17 Desember 2023.

Tujuannya tidak hanya sebagai ungkapan terima kasih, tetapi juga sebagai upaya untuk mengusir aura negatif serta roh-roh jahat, sebagaimana yang disampaikan oleh tokoh-tokoh adat dan masyarakat Palangka Raya.

Meski turut diwarnai oleh cuaca hujan, keseluruhan prosesi Mamapas Lewu berjalan dengan khidmat dan lancar, yang tentunya semoga menjadi tanda bahwa Palangka Raya dalam kondisi baik-baik saja.

"Acara ini menjadi momentum penting dalam memelihara tradisi dan kepercayaan budaya yang diwariskan dari generasi ke generasi, serta menunjukkan kesungguhan pemerintah daerah dalam mendukung warisan budaya dan spiritualitas masyarakat setempat," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru