Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Provinsi Kalteng Raih Prestasi Provinsi Informatif

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Desember 2023 - 21:25 WIB

BORNEONEWS, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng kembali raih penghargaan Pemerintah Provinsi Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023.

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma`ruf Amin mengatakan keterbukaan informasi publik adalah unsur esensial dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, sekaligus salah satu penentu keberhasilan program-program reformasi birokrasi.

"Saya memiliki keyakinan bahwa transparansi informasi adalah jalan untuk merawat demokrasi yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Ma’ruf dalam keterangannya di Jakarta Pusat, Selasa, 19 Desember 2023.

Dia mengapresiasi badan publik yang aktif dalam keterbukaan informasi publik. Disampaikannya pada tahun 2018, hanya 15 badan publik yang tergolong informatif, tetapi tahun 2023 ini jumlahnya melonjak menjadi 139.

“Sebaliknya, badan publik yang tidak informatif merosot, pada tahun 2018 ada 303 badan publik, dan di tahun 2023 hanya 147 badan publik," jelasnya.

Ia berharap dengan pemenuhan layanan informasi publik yang jelas dan memuaskan, akan menurunkan angka pengaduan dan sengketa informasi publik. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru