Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelajar Praktik Lapangan di Lahan Kelompok Tani Kelampan Jaya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 Desember 2023 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pelajar SMKN 3 Kuala Kapuas telah melakukan praktik kerja lapangan di lahan pertanian kelompok tani Kelampan Jaya, Desa Anjir Kelampan Jaya, Kecamatan Kapuas Barat.

Mereka melakukan praktek lapangan bidang pertanian, yaitu berkebun hortikultura jenis sayuran di lahan tersebut. Dari hasil kegiatan itu menghasilkan berbagai jenis tanaman seperti timun, kacang panjang dan sulur. 

Ketua Kelompok Tani Kelampan Jaya, Yanir mengatakan siswa dari SMKN 3 Kapuas sudah sering melakukan praktik lapangan di lahannya. 

"Ini adalah praktik langsung pengenalan cara bertani dengan menanam tanaman hortikultura. Pada kesempatan beberapa hari lalu kita lakukan panen, ada tiga jenis yang diambil hasilnya," katanya, Jumat, 22 Desember 2023.

Sementara untuk tanaman lainya seperti jagung dan singkong belum saatnya panen. "Saat memanen dan melihat hasil dari kerja keras selama ini, disitulah terlihat kepuasaan pada para siswa," ucapnya.

Yanir menjelaskan juga kendala yang dihadapi saat menanam tanaman holtikultura saat ini adalah cuaca yang tak menentu. Ditambah lagi curah hujan yang menggenangi areal kebun sehingga untuk jenis singkong agak terganggu tapi bisa kita atasi dengan memompa genangan air.

Sementara, Kepala SMKN 3 Kapuas, Suryani mengucapkan terima kasih untuk diterimanya anak didik mereka melakukan praktek lapangan sebagai penerapan alam yang mereka pelajari.

"Semoga kerjasama ini terus terjalin untuk menambah wawasan anak mencintai dunia pertanian," ucap Suryani. (DODI/j)

Berita Terbaru