Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Virus Flu Burung Dapat Menginfeksi Manusia

  • Oleh Marini
  • 24 Desember 2023 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, virus flu burung dapat menyerang dan menular pada unggas, baik unggas liar atau unggas peternakan, seperti ayam, bebek, angsa, dan burung.

Dalam beberapa jenis virus flu burung, ada yang bisa menginfeksi manusia, yaitu H5N1, H5N6, H5N8, H7N9, dan H10N3.

Gejala penyakit ini bervariasi, dari tanpa gejala sama sekali hingga yang sifatnya parah dan bisa berakibat fatal.

"Bisa saja menular ke manusia jika strain menginfeksi burung adalah strain yang juga memiliki kemampuan menginfeksi manusia," kata Suyuti, Minggu, 24 Desember 2023.

Ia mengatakan, seseorang dapat tertular virus ini ketika tidak sengaja menelan atau menghirup percikan cairan tubuh atau kotoran unggas yang terinfeksi.

Penularan juga bisa terjadi bila seseorang menyentuh mata, hidung, atau mulutnya dengan tangan yang sudah terkontaminasi virus dari cairan tubuh atau kotoran unggas yang terinfeksi.

Sampai saat ini, katanya, kasus flu burung di Kalteng masih belum ditemukan. 

"Sampai saat ini tidak ada pasien yang tercatat terinfeksi flu burung," jelasnya. 

Akan tetapi, menurutnya risiko terinfeksi virus flu burung akan lebih tinggi pada orang yang bekerja sebagai peternak, bertempat tinggal di dekat peternakan unggas atau pasar unggas hidup.

Selain itu, risiko pada bekerja sebagai tenaga kesehatan yang merawat penderita flu burung, bahkan bepergian ke daerah atau tempat terjadinya wabah flu burung. (MARINI/j)

Berita Terbaru