Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Aman dari Kasus Flu Burung

  • Oleh Marini
  • 24 Desember 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalteng Suyuti mengatakan bahwa kasus flu burung untuk wilayah Kalteng aman. Walaupun, pada tahun 2017 kasus flu burung sempat masuk ke Indonesia, namun Kalteng tetap saja berada di posisi aman.

Akan tetapi, ia meminta masyarakat juga perlu waspada dan mencegah penularan penyakit Flu Burung antara lain dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). 

"Tahun 2017 pernah ada kasus flu burung di Indonesia. Seingat saya tidak ada kasus saat itu di Kalteng," katanya saat dikonfirmasi, Borneonews.co.id, Minggu, 24 Desember 2023.

PHBS jangan lengah, ia mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan lingkungan perumahan, menerapkan etika batuk, dan mengonsumsi unggas dan produknya dengan matang.

Sampai saat ini, katanya, kasus flu burung menjadi perhatian dunia kesehatan, karena virus tersebut memiliki kemampuan untuk terus menerus bermutasi, sehingga dalam perkembangannya virus ini dapat menular dari unggas ke manusia.

"Apabila seseorang manusia terinfeksi virus tersebut memiliki ciri menderita demam dengan suhu kurang lebih 38 derajat celcius, disertai batuk, sakit tenggorokan, pilek, dan sesak napas," ungkapnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru