Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seniriaty Imbau Masyarakat Tak Diskriminatif Terhadap Hak ODGJ

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 24 Desember 2023 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Direktur Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei, dr Seniriaty mengimbau masyarakat untuk tidak diskriminatif terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), termasuk hak mereka dalam Pemilu.

“Hindari bersikap diskriminatif dan memelihara stigma negatif di setiap pelaksanaan Pemilu bahwa gangguan jiwa itu berbeda dengan penyakit lain seperti hipertensi, diabetes, jantung,” ungkap Seniriaty dalam keterangannya, Minggu 24 Desember 2023.

Menurutnya KPU harus menyiapkan instrumen-instrumen teknis di lapangan untuk ODGJ di Kalteng agar tidak kehilangan hak pilih dan pemenuhan haknya sebagai pemilih saat hari pemilihan.

Ia mengakui ada kondisi khusus saat ODGJ tidak mampu melaksanakan hak pilihnya, karena penderita dalam kondisi tidak memiliki kapasitas untuk menentukan pengobatan.

Salah satunya saat dalam kondisi kambuh dan gelisah ODGJ menjadi sulit untuk diarahkan, bersikap tidak kooperatif dan kondisi klinis yang serius wajib mendapatkan pengobatan.

“Jika periode kekambuhan yang berat ini terjadi di hari pemilu, tentu tidak mungkin memaksakan penderita datang ke TPS berpartisipasi memberikan suaranya,” tuturnya.

Namun, ditegaskannya, di luar masa kambuh, pasien minum obat teratur, rutin kontrol, sikap, ingatan dan perilaku penderita dapat tetap normal.

Pada kondisi tersebut kemungkinan besar sudah dalam kondisi baik dan mampu memilih sendiri secara mandiri maupun di dampingi, atau dengan sukarela tanpa paksaan.

“Semoga semua komponen masyarakat ikut terlibat aktif mendorong partisipasi ODGJ dalam pemilu/pilkada, dan melapangkan jalan ODGJ untuk melaksanakan hak pilihnya kedepan,” harapnya. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru