Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kalteng Sebut Pekerja Tambang Salah Satu Faktor Penularan Malaria

  • Oleh Marini
  • 26 Desember 2023 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng menyebut, pekerjaan tambang merupakan salah satu faktor penyebab penularan penyakit malaria. 

Cikal bakal permasalahan ini timbul akibat menambang secara ilegal/tidak resmi yang lebih banyak ditemukan menjadi penderita malaria. 

Area penambangan ini tersebar di beberapa lokasi di Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Berdasarkan data pada tahun 2021 lalu, pekerja tambang menyumbang 75 persen dari total kasus positif malaria di Kalteng, 94 persen pekerja tambang yang positif malaria berasal dari Kabupaten Murung Raya, Kapuas dan Gunung Mas.

"Malaria merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia dan global. Penyakit ini dapat menyebabkan tingginya angka kesakitan dan kematian serta sering menimbulkan Kejadian Luar Biasa (KLB)," kata Kepala Dinkes Kalteng Suyuti Syamsul, Selasa, 26 Desember 2023.

Selain itu, katanya, akibat malaria ini dapat mempengaruhi produktivitas yang dapat mempengaruhi tingkat ekonomi masyarakat. Terlebih lagi saat penderita, sedang sakit tidak dapat bekerja memenuhi kebutuhan rumah tangga. (MARINI/j)

Berita Terbaru