Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Laksanakan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 Desember 2023 - 07:10 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Pemerintah Kabupaten Katingan melaksanakan apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana banjir, di halaman Markas Komando Distrik Militer atau Makodim 1019 Katingan.

Pj Bupati Katingan, Saiful memimpin apel, karena berdasarkan informasi prediksi cuaca dari BMKG Kalteng, prakiraan puncak musim hujan tahun 2023/2024 di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya di wilayah Kabupaten Katingan berkisar pada Desember 2023 hingga Januari 2024.

"Memperhatikan indeks resiko bencana Indonesia 2023, Kabupaten Katingan dengan kelas resiko sedang, hal ini menjadi perhatian kita bersama dalam menangani ancaman bencana guna mengurangi resiko bencana," kata Saiful. 

Menurutnya, sebagaimana diketahui bersama bahwa Katingan secara geografis mempunyai banyak variasi bentang alam, antara lain, sungai, perbukitan dataran rendah dan pantai yang berada di wilayah selatan Kabupaten Katingan, dan dinilai sangat rawan bencana alam.

“Harapan saya kepada seluruh anggota satgas dalam penanganan bencana banjir, bersinergi bersama seluruh stakeholders terkait lainnya dan selalu tetap akan didukung oleh pemerintah pusat, secara khusus Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam melaksanakan penanganan bencana banjir ini," katanya. 

Jika potensi ancaman banjir yang dihadapi dari tahun ke tahun di daerahnya memiliki eskalasi dan karakter yang berbeda-beda.

Hal ini disebabkan kondisi cuaca dan iklim, namun dirinya percaya kepada sinergisitas semua, yakni pemerintah, lembaga usaha, masyarakat dan media, tetap mewujudkan komitmen yaitu Katingan bergerak bersama untuk penanganan bencana banjir di Kabupaten Katingan.

"Memang curah hujan akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Katingan meninggi dibanding sebelumnya, dan harapan kami tidak ada banjir besar lagi seperti tahun 2021 lalu yang diawali curah hujan tinggi, " imbuh Saiful.

Kegiatan apel dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana banjir diakhir dengan peninjauan kelengkapan kebecanaan berupa dapur umum dari Dinas Sosial Kabupaten Katingan, perahu karet serta peralatan lainnya.

Hadir pada kegiatan ini Dandim 1019 Katingan, Letkol Inf Anggun Wuriyanto, Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana,  Kasatpol PP Pimanto dan puluhan peserta baik dari TNI,  Polri, Satpol PP dan angota BPBD. (ABDUL GOFUR/H) 

Berita Terbaru