Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tren Tuntutan Masyarakat terhadap Plasma Menjadi PR Besar Pemkab Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 28 Desember 2023 - 18:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tren tuntutan masyarakat terhadap plasma menjadi pekerjaan rumah (PR) besar bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim).

"Satu lagi tren yang disampaikan Wakapolres Kotim bahwa banyaknya tuntutan terhadap kewajiban perusahaan tentang plasma," kata Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor pada rapat evaluasi akhir tahun di Aula Rumah Jabatan, Kamis, 28 Desember 2023.

Ia prihatin terhadap Kabupaten Seruyan yang hampir semua perusahaan stagnan karena dijarah masyarakat. Penjarahan tersebut sempat masuk ke daerah Kotim, beruntung mampu dihalau.

"Makanya kita ada jalan menuju PT AWL diputus sementara agar tidak ada yang bisa menyebrang karena dari Seruyan masuk untuk menjarah," katanya.

Langkah serius Pemkab Kotim menangani hal ini terus berlanjut. Halikin berencana gelar rapat melibatkan Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dalam waktu.

Pertemuan itu untuk menyikapi permasalahan tuntutan masyarakat agar tidak terjadi gejolak di Kotim yang mempengaruhi keaman dan kondusifitas daerah.

Dia mengatakan, perlu analisis penyebab terjadinya penjarahan sawit. Ia mempertanyakan apakah hanya masalah plasma yang melatar belakangi aksi itu, karena penjarah juga menyasar kebun masyarakat.

"Kita sudah membentuk tim khusus untuk menangani masalah sengketa lahan, khususnya plasma ini. Bersama-sama mencari solusi menyelesaikan tuntutan masyarakat sehingga perusahaan kooperatif melaksanakan kewajiban itu," tandasnya.

Bahkan pihaknya telah memberi peringatan 2 perusahaan yang tidak merealisasikan kewajivannya. Ia juga sudah mencabut salah satu perusahaan karena berdiri di atas hutan desa. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru