Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan DAS Belawan Sasar Kondisi Aktual

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Desember 2023 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Guru Besar Manajemen Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Sumatera Utara atau USU, Profesor Rahmawaty mengatakan bahwa sasaran monitoring dan evaluasi pengelolaan kinerja daerah aliran sungai atau DAS Belawan adalah kondisi aktual DAS tersebut.

"Sasarannya adalah memonitor dan mengevaluasi pengelolaan kinerja DAS Belawan yang terletak di Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Langkat ini," kata Prof Rahmawaty dalam keterangan resminya pada Kamis, 28 Desember 2023.

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Wampu Sei Ular, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, melakukan kegiatan Rapat  Pembahasan Hasil Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Belawan di Hotel Grandhika Setiabudi Medan pada Jumat, 22 Desember 2023 lalu.

"DAS Belawan ini memiliki luas total 74.664,02 Ha dan terbagi dalam 7 sub DAS yaitu Sub DAS Belawan Hilir, Belawan Hulu, Belawan Tengah, Sei Krio, Sei Diski, Sei Pulpulan dan Sei Tuntungan," jelasnya.

Sementara itu, menurut Prof Abdul Rauf yang juga Guru Besar Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, dengan mengetahui dan mengevaluasi kondisi aktual DAS Belawan yaitu nilai daya dukung DAS Belawan, maka akan dapat menjadi bahan dan pertimbangan dalam penyusunan perencanaan pengelolaan DAS Belawan.

"Monitoring dan evaluasi terhadap daerah aliran sungai atau DAS merupakan paramater yang penting untuk menilai kinerja suatu DAS," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru