Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Aplikasi Kesbangpol Kalteng Hasil Kolaborasi Bersama ITSNU Kalimantan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Desember 2023 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sebanyak tiga aplikasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng merupakan hasil kerjasama dengan Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITSNU) Kalimantan.

Tiga aplikasi tersebut adalah aplikasi ketahanan ekonomi dinamakan Sistem indeks ketahanan ekonomi disingkat Si-tako, Aplikasi Sistem Indeks kerawanan sosial disingkat Si-wansos, dan aplikasi sistem hitung real count Pemilu 2024 dinamakan Sistem informasi suara Kalteng berkah atau disingkat Si-sukah.

“Dalam penyusunan aplikasi-aplikasi ini Badan Kesbangpol bekerjasama dan dibantu oleh ITS NU Kalteng,” kata Rektor ITSNU, Katma F Dirun dalam keterangannya.

Sementara itu, Wakil Rektor III ITSNU Kalteng, Mukhlas Roziqin menyampaikan manfaat dari aplikasi adalah untuk menunjang dan mempermudah pemetaan pemerintah daerah.

Terutama terkait situasi ketahanan ekonomi dan kerawanan sosial yang dibuat secara digitalisasi dalam bentuk aplikasi.

Dia menyampaikan aplikasi tersebut membuat para user atau pengguna yaitu pejabat yang berkewenangan, mudah mengakses kondisi faktual berdasarkan input data dari instansi terkait, maupun data primer yang dikelola Badan Kesbangpol Provinsi maupun Kabupaten/kota.

"Jadi dua aplikasi indeks itu semacam menjadi Guiden bagi pengambil keputusan, ketika disana ada variabel yang indikatornya rendah, bisa jadi saran untuk ditanggulangi dengan program yang tepat sasaran," tutur Mukhlas dalam keterangannya, Kamis malam, 28 Desember 2023.

Sebagai informasi selain tiga aplikasi hasil kerjasama ITSNU Kalimantan tersebut, ada dua aplikasi lainnya yang dilaunching Badan Kesbangpol Kalteng.

Dua aplikasi ini adalah Sistem Informasi Tata Kelola Pendaftaran/Pelaporan Ormas disingkat Si-Tamas, dan aplikasi sistem pengukuran kinerja (Sisperja) untuk internal aparatur Bakesbangpol. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru