Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Vaksinasi Rabies untuk Cegah Penularan Penyakit yang Menyebabkan Kematian

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Desember 2023 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kota Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, telah melaksanakan berbagai kegiatan vaksinasi rabies untuk mencegah penularan penyakit yang bisa menyebabkan kematian.

"Vaksinasi rabies ditujukan baik untuk hewan peliharaan maupun manusia yang berisiko tinggi terpapar rabies," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat, Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak, DPKP Kota Palangka Raya, drh Ganjar Priyatno pada Jumat, 29 Desember 2023. 

Ganjar menuturkan, untuk tahun ini, DPKP melalui vaksinator rabies telah memberikan vaksin kepada 9.764 ekor HPR yang mendapat vaksin rabies di Kota Palangka Raya ini.

"HPR ialah hewan anjing, kucing, dan kera. Sehingga jumlah hampir sepuluh ribu ekor itu bukan hanya berasal dari satu spesies. Jadi ada 7.567 ekor anjing, 2.187 ekor kucing, dan 10 ekor kera," bebernya.

Ganjar menjelaskan bahwa pada bulan Oktober 2023 lalu DPKP Kota Palangka Raya menggelar kegiatan vaksinasi rabies massal secara gratis, menyambut hari rabies sedunia atau world rabies day 2023.

"Kegiatan tersebut merupakan arahan langsung dari pemerintah pusat yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Sekaligus, dalam rangka pencatatan rekor MURI pelayanan vaksinasi rabies serentak se-Indonesia," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru