Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aset Bank Umum di Kalteng Tumbuh 15,81 Persen

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Desember 2023 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa per bulan Oktober 2023 Aset Bank Umum di Provinsi Kalimantan Tengah tumbuh sebesar 15,81 persen yoy.

"Pada industri Perbankan, kinerja Bank Umum baik konvensional dan syariah mengalami pertumbuhan yang tergolong tinggi, Per bulan Oktober 2023 Aset Bank Umum di Provinsi Kalimantan Tengah tumbuh sebesar 15,81 persen yoy," kata Otto dalam pertemuan akhir tahun dengan awak media pada Jumat, 29 Desember 2023.

Dana Pihak Ketiga atau DPK, lanjut Otto, meningkat sebesar 14,77 persen yoy dan Kredit meningkat sebesar 10,74 persen yoy dengan tingkat kredit bermasalah atau Non-Performing Loan sebesar 1,42 persen. 

"Kredit bank umum didominasi oleh Kredit Konsumsi yang memiliki porsi kredit sebesar Rp17,71 triliun dengan 5 kredit sektor ekonomi terbesar adalah Untuk Pemilikan Peralatan Rumah Tangga Lainnya termasuk pinjaman multiguna, Pertanian, Perburuan dan Kehutanan, Perdagangan Besar dan Eceran, Untuk Pemilikan Rumah Tinggal, dan Industri Pengolahan," terang Otto.

Sementara itu 5 Kabupaten/Kota penyaluran kredit terbesar di Provinsi Kalimantan Tengah berada pada Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Barito Utara. 

"Penyaluran kredit pada bank umum masih didominasi pada jenis usaha non-UMKM sebanyak Rp29,79 triliun atau sebesar 65,08 persen dari total penyaluran kredit berdasarkan jenis usaha," bebernya. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru