Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahasa Daerah Jadi Potensi Besar Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 31 Desember 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Muis mengatakan bahwa Kalteng memiliki potensi yang sangat besar, termasuk soal bahasa daerah.

"Kalimantan Tengah sebagai provinsi dengan jumlah penduduk 2.741075 berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023, termasuk daerah yang masih sepi penduduk," kata Muis pada Sabtu, 30 Desember 2023.

Sebagai provinsi dengan tanah terluas kedusla se-Indonesia, lanjut Muis, Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah mencapai 153.5624 km2 berdasarkan data tahun 2020.

"Provinsi ini memiliki potensi sumber daya alam hingga sumber daya manusia yang luar biasa," bebernya.

Tidak hanya itu, katanya, kekayaan budaya di provinsi yang sering dijuluki sebagai Bumi Tambun Bungai itu juga tidak kalah dengan provinsi lain di nusantara ini.

"Dengan mengacu data Bahasa dan Peta Bahasa di Indonesia yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kalimantan Tengah diperkaya dengan 23 bahasa daerah," jelas Muis.

Keberadaan bahasa-bahasa daerah itu, lanjutnya, berada hampir sejajar dengan banyaknya suku bangsa di Kalimantan Tengah.

Festival Tunas Bahasa Ibu yang telah digelar pada 2023 ini memberikan satu gambaran yang cukup mengesankan tentang keberadaan bahasa-bahasa ibu atau bahasa daerah yang ada di Kalimantan Tengah.

"Khususnya bahasa-bahasa yang sedang direvitalisasi. Itu menggambarkan keberagaman bahasa daerah di Kalteng ini," terangnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru