Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Jemaah Calon Haji Kotim Mengundurkan Diri, 5 Diantaranya Batal

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 05 Januari 2024 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Puluhan jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mengundurkan diri dari keberangkatan tahun 2024, bahkan 5 diantaranya mutlak membatalkan keberangkatan haji karena alasan biaya.

"Sementara ada 26 orang yaitu 21 orang mengundurkan diri dari keberangkatan tahun ini dan 5 orang mutlak batal," kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kotim Khairil Anwar, Jumat, 5 Januari 2023.

Kotim mendapat 150 orang kuota haji tahun ini. Pihaknya telah menghubungi seluruh JCH dan berupaya agar kuota terpenuhi.

Namun masih ada JCH mengundurkan diri karena alasan pelunasan. Mereka fokus pada biaya haji Rp 95 juta, padahal nominal tersebut biaya yang ditetapkan panitia pusat untuk perjalanan haji. Sementara JCH hanya perlu membayar Rp52 juta untuk embarkasi Banjarmasin.

"Kalau pelunasannya saat ini berarti kurang lebih Rp25 juta, karena sebelumnya sudah membayar DP," ujar Khairil.

Pihaknya berupaya memberi pemahaman kepada JCH agar tidak mundur atau membatalkan keberangkatan. Pelunasan pun dapat dilakukan dengan mencicil mulai saat ini hingga sebelum keberangkatan.

"Kita lihat nanti saat buka setoran 9 Januari 2024. Jika ada yang mengundurkan diri atau batal otomatis akan digantikan kuota di bawahnya," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru