Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalsel Gelar Olahraga Tradisional Balap Sampan dan Balogo

  • Oleh ANTARA
  • 05 Januari 2024 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan kegiatan olahraga tradisional untuk memeriahkan awal tahun 2024 dengan lomba balap jukung (sampan) dan balogo.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Budiono di Banjarmasin, Jumat, menyampaikan gelar kedua olahraga tradisional tersebut memperebutkan piala Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor (Paman Birin).

Menurut dia, kemeriahan gelar olahraga tradisional dimulai dengan lomba balap jukung di sungai Martapura di Kota Banjarmasin pada 7 Januari 2024.

Gelar ini bertema "Lomba Balap Jukung Tradisional Paman Birin 2024",  di sungai Martapura kawasan Kelurahan Mantuil Banjarmasin Selatan.

"Ini digelar untuk umum, Dispora sebagai pendukung suksesnya kegiatan ini," ujarnya.

Tentunya, kata Budiono, jukung (sampan) merupakan alat transportasi sungai warga Banjar sehari-hari, selain untuk kemeriahan tontonan masyarakat, ini juga untuk melestarikan budaya warga Banjar yang tinggal di bantaran sungai.

Kemudian untuk gelar olahraga tradisional Balogo, kata Budiono, diselenggarakan di Kabupaten Barito Kuala atau tepatnya di Kecamatan Tamban pada 12-13 Januari 2024.

Menurut dia, tema gelar ini adalah "Festival Olahraga Tradisional Balogo Paman Birin Cup 2024" di dukung Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalimantan Selatan.

Olahraga Balogo merupakan olahraga tradisional rakyat Kalsel, di mana olahraga ini sudah mulai memasyarakatkan dan dilombakan di tingkat nasional seperti di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS).

"Jadi ini sebagai pembinaan juga untuk atlet olahraga tradisional di daerah kita," ujar Budiono.

ANTARA

Berita Terbaru