Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Giliran Empat Pemdes Ini Paparkan Rancangan APBDes di kantor Kecamatan Bataguh

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 Januari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Giliran empat Pemerintah desa (Pemdes) yakni Desa Budi Mufakat, Terusan Raya Barat, Sei Lunuk dan Terusan Raya Hulu memaparkan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2024 di Aula Kantor Kecamatan Bataguh. 

Camat Bataguh, Syuryadin didampingi Sekretaris Camat, Anugerah Perkasa Baboe mendengarkan langsung paparan yang disampaikan dari pihak Pemdes tersebut.

Turut dihadiri Kepala Desa dari 4 desa dan perangkat serta BPD serta tenaga Ahli Endriono, Pendamping Desa Rijali Rahman, Elise dan Suyono, Pendamping Lokal Desa Rio Permadi dan Meyta Saraswati. 

Camat Bataguh Syuryadin mengatakan adanya kegiatan desa desa di Kecamatan Bataguh ini melakukan pemaparan dari rancangan APBDes adalah pengimplementasian dari Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

"Juga sesuai pula dengan karya tulis saya pada Diklat PIM III yang berjudul Optimalisasi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dalam menunjang pembangunan," katanya, Minggu, 7 Januari 2024.

Sehingga, pihaknya ingin mengaplikasikannya dengan kegiatan pemaparan ini. "Harapan kita juga mudahan semua desa dapat dana alokasi kinerja melaui giat ini," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Lunuk, Manto Susilo melalui kegiatan pemaparan ini berharap apa yang telah dialokasikan oleh pihaknya, mendapatkan kesesuaian dengan tim kecamatan untuk terwujudnya hasil pembangunan yang diharapkan.

Kades Terusan Raya Hulu, Suhardi menambahkan bahwa melalui kegiatan pemaparan APBDes ini bertujuan meningkatkan transparansi Dana Desa. Tujuan utama dari kegiatan publikasi APBDes dari desa adalah meningkatkan transparansi pengelolaan Dana Desa, 

"Kritik saran sanggahan maupun arahan melalui pemaparan dari tim Kecamatan Bataguh untuk perbaikan dan penyempurnaan yang telah kita susun dari hasil musdes kita adalah sesuatu yang kita harapkan. Tentu saja ini menjadi acuan untuk kita lebih baik lagi dalam menyusun APBDes ini," ucap Suhardi. (DODI/Y)


TAGS:

Berita Terbaru