Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peremajaan Sawit Rakyat di Kalbar Capai 18 Ribu Hektare

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Januari 2024 - 10:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pada tahun 2023, program Peremajaan Sawit Rakyat atau PSR di Provinsi Kalimantan Barat atau Kalbar berhasil direalisasikan seluas 18.573 hektare.

Seperti dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Senin, 15 Januari 2025 disebutkan bahwa program ini melibatkan 8.042 pekebun.

Demikian pula diungkapkan Kepala Bidang Prasarana Sarana dan Perlindungan Perkebunan, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalbar, Erita Fitriani dalam rilis tersebut.

"Wilayah yang terlibat dalam program PSR meliputi Kabupaten Ketapang, Sambas, Bengkayang, Landak, Sanggau, Sekadau, Melawi, dan Kubu Raya," kata Erita.

Delapan dari 14 kabupaten atau kota di Kalbar menurutnya telah turut serta dalam melaksanakan program ini.

Meski berhasil, realisasi program PSR dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti harga sawit yang masih tinggi dan kendala dalam proses pengurusan surat tanah di bank.

"Faktor lainnya adalah keterbatasan sumber daya manusia tim pendamping untuk verifikasi kelompok di lapangan, serta proses pemetaan kebun dan sinkronisasi data antar lembaga yang masih menjadi hambatan," bebernya.

Erita Fitriani menyampaikan upaya percepatan melibatkan pertemuan akhir tahun dan Tim Sosialisasi Kegiatan Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun atau PKSP kabupaten.

"Langkah ini diambil untuk memberikan pendampingan terhadap calon koperasi atau lembaga yang diusulkan serta yang sedang dalam proses rekomendasi," bebernya. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru