Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Pulang Pisau Ajak Ormas Ciptakan Pemilu Damai

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 15 Januari 2024 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pulang Pisau Sugondo mengajak organisasi masyarakat (Ormas) menciptakan situasi aman dan kondusif, sehingga tidak terjadi perpecahan di tengah masyarakat selama proses pesta demokrasi 2024.

"Ormas harus bisa menjalankan peran sesuai  dengan tupoksinya,  dengan memberikan arahan kepada anggotanya agar tidak menimbulkan isu SARA yang dapat memicu konflik di tengah masyarakat," ucapnya. Senin, 15 Januari 2024.

Ia menjelaskan, tugas dari Kesbangpol sendiri adalah badan yang menangani politik yang di dalamnya terdapat  Indikator Kinerja Utama (IKU) tentunya wajib melakukan pengawasan kepada masyarakat.

"Sosialisasi dan pengawasan terus kita lakukan meskipun tidak sepenuhnya karena yang berhak memberikan sosialisasi itu penyelenggara Pemilu," jelasnya.

Ia menambahkan, peran Ormas tentunya sangat mempengaruhi pelaksanaan Pemilu dan harus bisa menciptakan situasi yang kondusif. Dan hingga saat ini, pihaknya terus berupaya mencegah terjadinya konflik dengan melakukan deteksi dini, cegah dini dan penanganan dini.

"Dalam pesta demokrasi Pemilu 2024 terkhusus di Kabupaten Pulang Pisau, saya harap bisa berjalan aman, lancar dan kondusif sehingga tercipta Pemilu yang damai," tutupnya. (M PRADILA KANDI/H)

Berita Terbaru