Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan di Katingan Tinggi, ini Penjelasan BPBD

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Januari 2024 - 20:45 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan pada pertengahan bulan Januari 2024 ini dinilai tinggi.

Tingginya curah hujan tersebut ditandai dengan hampir setiap hari terjadi hujan di 13 kecamatan di Kabupaten Katingan, termasuk Kasongan, ibukota Kabupaten Katingan.

Dari pantauan media ini, sejak awal Januari hingga pertengahan bulan ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Katingan terus diguyur hujan, baik ringan, sedang hingga lebat.

Di Kasongan misalnya, dalam beberapa hari ini hujan terus mengguyur Kota Hijau, julukan Kota Kasongan.

Akibat curah hujan tinggi, Sungai Katingan yang berhulu di wilayah Kecamatan Bukit Raya dan berhilir di Pegatan, Kecamatan Katingan Kuala mulai pasang, namun belum sampai meluap ke permukaan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana atau BPBD Kabupaten Katingan, Markus, Senin, 15 Januari 2024 membenarkan jika curah hujan pada Desember dan Januari 2024 ini meningkat dibanding sebelumnya.

Markus mengatakan, berdasarkan prakiraan pihak BMKG Kalteng memang dibulan bulan saat ini curah hujan meninggi dibanding sebelunnya.

"Curah hujan ini diprediksi hingga beberapa bulan kedepan," ujarnya.

Namun demikian, kata Markus meski curah hujan tergolong tinggi, wilayah Kabupaten Katingan hingga saat ini masih aman dari bencana banjir. (ABDUL GOFUR/H)

Berita Terbaru