Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemendagri Tekankan Langkah Antisipatif Inflasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 Januari 2024 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Dalam Negeri Indonesia (Kemendagri) mengingatkan langkah antisipatif tangani inflasi.

“Pada rakor pengendalian inflasi di minggu kedua Januari ini lebih difokuskan kepada kenaikan harga dan mengantisipasinya,” ungkapnya Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri, Tomsi Tohir saat memimpin rakor secara virtual bersama pemerintah daerah dan leading sektor terkait, Senin, 15 Januari 2024.

Ia mengungkapkan Indeks Perkembangan Harga (IPH) bahan pangan di minggu kedua Januari ini, ada tiga komoditas yang naik dibanding minggu sebelumnya.

Tiga komoditas tersebut adalah bawang merah, bawang putih, dan daging ayam ras. Ia menginstruksikan langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi kenaikan harga.

“Kita harus fokus mengatasi kenaikan harga tiga komoditas tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan rilis BPS Kalteng per 2 Januari 2024, Inflasi gabungan Kota Palangka Raya dan Sampit pada Desember 2023 terjadi karena adanya peningkatan indeks harga.

Peningkatan indeks harga terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau (0,66 persen), kelompok transportasi (0,60 persen).

Kemudian, kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya (0,38 persen), kelompok pakaian dan alas kaki (0,21 persen), kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan (0,16 persen).

Setelah itu, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga (0,15 persen), serta kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya (0,08 persen). (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru