Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

6 Rumah di Desa Netampin Barito Timur Terancam Roboh Akibat Tanah Longsor

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Januari 2024 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 6 unit bangunan yang terdiri dari 5 rumah warga dan sebuah bangun rumah ibadah Hindu Kahariangan di RT 05 Desa Netampin Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur terancam roboh akibat bantaran sungai anak Sungai Karau yang longsor.

"Longsornya sudah sekitar satu bulan dan retakan tanahnya bertambah panjang saat masuk musim hujan ini," jelas Kepala Desa Netampin Hepido, Senin, 15 Januari 2024.

Menurutnya, panjang longsoran bantaran sungai yang retak atau longsor sekitar sekitar 20 meter. Sedangkan jarak rumah warga dari tepi sungai hanya sekitar 5 meter.

"Dari enam rumah itu, ada satu rumah beton (tembok) dan yang terbuat dari bahan kayu. Memang warga belum ada yang mengungsi, tapi jadi was-was terus karena permukaan tanah makin turun dan retak makin melebar. Bahkan yang rumah beton itu ada bagian pondasinya sudah hampir menggantung," papar Hepido.

Dia mengungkapkan, masalah tersebut telah dilaporkan ke pemerintah kecamatan. Karena itu Kades berharap Pemkab Barito Timur dapat segera membantu mengatasi masalah tersebut sebelum makin parah dan menimbulkan korban.

Hepido mengatakan, jika harus menunggu anggaran desa dicairkan dikhawatirkan longsoran itu semakin parah.

"Kami butuh bantuan agar segera dibuatkan siring atau bronjong supaya tidak makin parah," pintanya. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru