Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jembatan Penghubung Kelurahan di Rakumpit Akan Dibangun Tahun Ini

  • Oleh Hendri
  • 16 Januari 2024 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya akan membangun jembatan penghubung antar kelurahan di Kecamatan Rakumpit.

Jembatan ini akan menghubungkan Kelurahan Mungku Baru dan Kelurahan Bukit Sua, yang saat ini hanya bisa diakses melalui sungai.

Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu melalui Kepala Bappedalitbang, Fauzi Rahman mengatakan, jembatan ini diharapkan dapat membuka keterisolasian dan mengurangi kantong kemiskinan di wilayah tersebut.

"Kami ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Rakumpit, khususnya di Mungku Baru dan Bukit Sua, yang masih terisolasi dan kurang berkembang," katanya, Selasa, 16 Januari 2024.

Dengan adanya jembatan ini akses darat akan lebih mudah dan cepat, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial di sana.

Ia menyebutkan jembatan yang akan dibangun adalah jembatan gantung dengan panjang sekitar 50 meter.

Jembatan ini akan menggunakan dana APBN/DAK dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melalui Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kami mengusulkan pembangunan jembatan ini dan kami mendapat respons positif dari Kementerian PUPR. Kami berharap proses administrasi dan teknis dapat segera diselesaikan, sehingga pembangunan jembatan dapat dimulai pada awal tahun 2024," jelasnya.

Sebagai tahap awal, Pemko Palangka Raya menyusun dokumen Feasibility Study (FS) dan Dokumen Lingkungan (AMDAL/UKL-UPL) untuk jembatan tersebut.

Dokumen ini akan menjadi dasar untuk perencanaan, pengadaan dan pelaksanaan pembangunan jembatan.

Berita Terbaru