Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Tangani 606 Aduan Warga Lewat Aplikasi Lapor

  • Oleh Hendri
  • 16 Januari 2024 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya menangani 606 laporan warga yang masuk melalui layanan Lapor 1708 selama tahun 2023. Dari jumlah itu, 589 sudah tertangani dan 12 laporan sisanya sedang dalam proses.

Layanan ini untuk memudahkan warga menyampaikan keluhan, saran, atau aspirasi terkait berbagai hal yang berkaitan dengan pemerintahan, pembangunan dan kesejahteraan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kota Palangka Raya, Saipullah mengataka aduan yang masuk melalui lapor 1708 bervariasi.

Di antaranya soal infrastruktur, kebersihan, kesehatan, pendidikan, hingga administrasi kependudukan. Aduan tersebut kemudian diteruskan ke instansi terkait untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur.

"Kami berusaha untuk menyelesaikan setiap aduan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," katanya, Selasa, 16 Januari 2024.

Saipullah menambahkan layanan lapor 1708 merupakan salah satu bentuk implementasi dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Palangka Raya.

SPBE adalah sistem yang mengintegrasikan seluruh proses pemerintahan secara elektronik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi.

"SPBE bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas pemerintahan. Dengan SPBE, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan cepat kepada masyarakat," pungkasnya. (HENDRI/j)

Berita Terbaru