Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Kobar Minta Peringatan 14 Januari 1946 Diangkat Menjadi Agenda Pemda

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 16 Januari 2024 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Peristiwa 78 silam pada 14 Januari 1946 adalah peristiwa bersejarah bagi masyarakat Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Kala itu, Panglima Utar berjuang mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia melawan penjajah NICA pada pertempuran 14 Januari 1946 di Pesisir Kumai. 

Untuk itu, Pj Bupati Kobar Budi Santosa meminta peringatan peristiwa bersejarah tersebut diangkat dan menjadi agenda pemerintah daerah (pemda). Hal tersebut, ia sampaikan melalui sambutannya di acara Haul Peringatan Peristiwa Pertempuran 14 Januari 1946. 

"Saya perintahkan Dinsos, Kesbangpol rapatkan untuk merumuskan keputusan Bupati Kobar agar diperintahkan setiap tanggal 14 Januari menjadi peringatan agenda pemda, bukan lagi dari masyarakat Kumai," ujarnya, Minggu, 14 Januari 2024.

Ia mengatakan, pemerintah daerah mendukung pertempuran peristiwa 78 tahun silam pada 14 Januari 1946 diakui sebagai Perjuangan Nasional. Serta menetapkan Panglima Utar sebagai Pahlawan Nasional.

"Dalam kesempatan ini, saya mohon untuk dibentuk tim. Pertempuran akan diakui oleh pemerintah daerah dan setiap tahun diperingati dan diangkat menjadi agenda pemerintah daerah," kata Budi.

Kendati demikian, Kepala Badan Kesbangpol Kobar Edie Faganti menyampaikan pihaknya akan segera menjalankan intruksi yang telah disampaikan Budi Santosa.

"Upaya kita menyuarakan ini jangan sampai menjadi upaya menyuarakan tanpa dasar. Maka dari itu mari kita penuhi dulu persyaratan-persyaratan untuk mendapatkan pengakuan itu," tandasnya. (NURITA/H)

Berita Terbaru