Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pohon Tumbang Menghantui Warga Palangka Raya

  • Oleh Marini
  • 17 Januari 2024 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Peristiwa pohon tumbang selalu menghantui warga Palangka Raya saat musim hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang.

Walaupun, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, namun tim pemadam kebakaran Kota Palangka Raya dengan cepat mengevakuasi pohon yang rawan tumbang.

Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Bidang Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya, Sucipto memberikan imbauan adanya peristiwa pohon tumbang, agar masyarakat, pengendara motor dan mobil, untuk lebih berhati-hati terhadap risiko pohon tumbang.

"Saat musim hujan, rawan pohon tumbang terutama bagi pohon yang sudah tua dan lapuk. Kami dengan sigap menerima laporan masyarakat untuk dilaksanakan pemangkasan pohon yang rawan tumbang, maupun yang jaraknya dekat dengan tempat tinggal," katanya, Rabu, 17 Januari 2023.

Tidak henti-hentinya dirinya mengingatkan masyarakat, agar selalu waspada terhadap peristiwa pohon tumbang. Beberapa kasus pohon tumbang, disebabkan oleh pohon sudah tua, dan sudah tidak dapat tumbuh lagi. Kemudian, keropos di bagian tengahnya, dimakan rayap, dan batang-cabangnya mulai mengering.

"Bisa juga terjadi karena penanaman awal bukan bibit, namun stek, sehingga akar berkembang ke samping. Dan kondisi pohon sudah miring dan mulai ada retakan di sekeliling pohon," jelasnya.

Ia menganjurkan, saat kondisi pohon sudah rawan roboh dan membahayakan masyarakat di sekitarnya, maka segera ditebang dan diganti yang baru. 

"Jangan biarkan angin merobohkan tanpa arah dan membahayakan orang atau properti yang ada di bawahnya," tandasnya. (MARINI/j)

Berita Terbaru