Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Kotim Respon Cepat Keluhan Melubernya Depo Sampah dekat SMPN 3 Sampit

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 17 Januari 2024 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) merespon cepat keluhan melubernya depo sampah di dekat SMPN 3 Sampit, Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang.

"Kondisi depo sampah saat ini pukul 14.02 WIB sudah kami lakukan pengangkutan sampah," kata Kepala DLH Kotim Machmoer, Rabu, 17 Januari 2024.

Sebelumnya, Masyarakat mengeluhkan bau tak sedap dan sampah meluber hingga ke jalan di Depo dekat SMPN 3 Sampit. Bahkan sampah menutup setengah jalan Gang SMPN 3 Sampit. Padahal, jalan tersebut sudah sempit, ditambah tumpukan sampah membuat kendaraan roda empat tidak bisa melewatinya.

Masyarakat juga mengeluh bau tak sedap tumpukan sampah tersebut yang diperparah turunnya. Warga menerangkan, biasanya ada alat berat untuk mengangkut sampah di depo tersebut, namun sudah beberapa hari tidak diangkut.

Mendengar keluhan tersebut, Machmoer menjelaskan bahwa ada kendala teknis terhadap 1 unit loader yang dimilik DLH Kotim. Alat berat tersebut dikerahkan di sejumlah Depo Kota Sampit secara bergiliran. Sehingga ketika terjadi kendala teknis, tidak ada alat pengganti untuk mengangkut sampah di depo.

Namun pihaknya dengan sigap mengangkut sampah-sampah di depo dekat SMPN 3 Sampit dengan mengerahkan truk amrol kontainer untuk mengangkut sampak ke tempat pembuangan akhir (TPA) Jalan Jenderal Sudirman Km 14, Sampit.

"Selama 2 hari memang ada kendala teknis loader kita yang biasanya stand by di depo Pelita, namun mulai hari ini loader sudah bisa begerak ke depo SMPN 3 Sampit untuk mengatasi sampah di situ," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru