Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ODGJ yang Ditemukan di Kobar Diduga Sengaja Dipindahkan dari Daerah Lain

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Januari 2024 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banyaknya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diduga kuat sengaja dipindahkan oleh pihak lain agar tidak meresahkan daerahnya.

Kepala Kesbangpol Kobar, Edie Faganti pada Sabtu, 20 Januari 2024 mengatakan, dugaan tersebut lantaran ODGJ yang seringkali diamankan oleh Satpol PP Kobar dan diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos) Kobar, tidak memiliki keluarga di Kabupaten Kobar.

"Karena, bila ODGJ tersebut asli warga Kabupaten Kobar pastinya ada keluarganya dan dinas terkait juga telah mengetahui tersebut. Namun belakangan ini, marak ditemukan ODGJ yang tidak memiliki keluarga di Kobar. Bahkan banyak juga yang secara logat bahasa, yang bersangkutan bukan dari Pulau Kalimantan," jelas Eddie Faganti.

Sehingga, lanjut  Edie Faganti, kuat dugaan ODGJ tersebut sengaja dipindahkan ke Kabupaten Kobar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab agar tidak merepotkan penanganan di daerah tertentu saat ODGJ tersebut diamankan.

"Dari informasi yang saya dapatkan dari anggota Satpol PP Kobar saat mereka mengamankan ODGJ yang berkeliaran di Pangkalan Bun, ODGJ tersebut diketahui membawa kantongan plastik yang tertulis Dinas Sosial, namun dari kabupaten lain. Inilah yang membuat kami menduga ODGJ tersebut sengaja dipindahkan ke Kobar dengan diam-diam, dengan alasan apapun. Kemungkinan daerah yang mengamankan ODGJ tersebut, tidak mau repot mengurusinya," jelas Edie Faganti.

Menurut Edie Faganti, kondisi yang terjadi di Kabupaten Kobar ini, tentunya berpotensi menggangu ketenteraman masyarakat.

"Harapannya diperlukan kerja sama dinas terkait antardaerah, agar kondisi seperti ini tidak berlarut-larut dan bisa ditangani segera," jelas Edie Faganti. (WAHYU KRIDA/Y)


TAGS:

Berita Terbaru