Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pj Bupati Barito Timur Kukuhkan Pengurus Baznas Periode 2023-2028

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Januari 2024 - 06:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang -  Penjabat (Pj) Bupati Barito Timur Indra Gunawan mengukuhkan pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Barito Timur masa jabatan 2023-2028 di Gedung Pusat Layanan Umrah dan Haji Terpadu Kantor Kemenag Barito Timur, Senin, 22 Januari 2024.

Adapun susunan pengurus dimaksud yaitu Ketua Baznas H Muhamad Suriaharja, Wakil Ketua I Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan H Asranuddin, Wakil Ketua II Bidang Pengumpulan Sahran Jumri, Wakil Ketua III Bidang Perencanaan dan Pelaporan Keuangan H Amarullah, Serta Wakil Ketua IV Bidang Administrasi SDM dan Umum H Surya Ahmadi.

"Baznas ini menjalankan tugas negara, mereka bertanggung jawab langsung kepada Presiden di tingkat nasional. Tugasnya adalah mengumpulkan dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah yang ada di Kabupaten Barito Timur," ungkap Pj Bupati saat diwawancarai usai pengukuhan.

Karena itu dia berharap dengan keberadaan Baznas, zakat, infaq dan sedekah umat muslim di Barito Timur dikelola dengan baik.

"Zakat, infaq atau sedekah dapat disalurkan kepada masyarakat muslim atau masyarakat umum yang ada di Barito Timur ini untuk membantu, membantu usaha, membantu sosial, pembangunan, dan sebagainya jadi bisa disalurkan," terang Kepala Daerah.

Pemkab Barito Timur, lanjut dia, nanti juga dapat membuat unit-unit pengelola zakat di setiap perangkat daerah agar pegawai yang beragama islam dapat memberikan zakat penghasilannya sebesar 2,5 persen dari penghasilannya.

"Jadi nanti di kelompok-kelompok perangkat daerah dikumpulkan zakat kemudian kita serahkan ke Baznas Barito Timur. Kita sudah banyak pengalaman dengan Baznas ini, jadi hasil pengumpulan dana dari Baznas bisa digunakan untuk membantu korban bencana alam, bantuan kemiskinan ekstrem, serta nanti juga bisa kita kelola bantuan-bantuan ini untuk masyarakat yang ada di Barito Timur," kata Pj Bupati.

Dia juga berharap pengurus Baznas yang telah dikukuhkan dapat melaksanakan amanah dengan baik mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat Barito Timur.

"Pesan saya adalah ikhlas, karena ini lembaga sosial dan lembaga ini banyak berhubungan dengan masyarakat, kemudian lembaga ini mengumpulkan dana dari zakat, infaq dan sedekah masyarakat muslim, tentunya harus memegang kepercayaan ini dengan baik dan bertanggung jawab selain kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga terhadap Bapak Presiden karena laporan tahunannya, dan lainnya langsung ke Jakarta," ucap Indra Gunawan. (BOLE MALO/H) 

Berita Terbaru