Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Wanita Tani Desa Siong Panen Berbagai Komoditas Hortikultura

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Januari 2024 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kelompok Wanita Tani atau KWT Sri Rezeki di Desa Siong Kabupaten Barito Timur panen berbagai komoditas hortikultura seperti cabai, terong, tomat, jagung manis dan selada hidroponik.

"Hasil panen mereka jual di Wilayah Kecamatan Paju Epat, kemudian juga ke Pasar Tamiang Layang bahkan hingga Pasar Kelua Kabupaten Tabalong," ungkap Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Paju Epat Lukmanul Chakim, Senin, 22 Januari 2024.

Budidaya tanaman sayuran yang dilakukan kelompok oleh ibu-ibu yang beranggotakan 30 orang itu itu selain meningkatkan penghasilan dalam rumah tangga, juga berdampak pada peningkatan pemenuhan kebutuhan bahan pangan maupun gizi keluarga.

"Dampak nyata pemenuhan gizi untuk keluarga anggota KWT yakni penurunan angka stunting di wilayah Desa Siong," kata Lukman.

Dia memaparkan, pada Kecamatan Paju Epat terdapat 3 KW yaitu  KWT Sri Rezeki dan KWT Pakat Maeh di Desa Siong serta KWT Melati Putih di Desa Tampu Langit.

"Pemerintah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur mendukung KWT ini melalui program ketahanan pangan yang bernama kegiatan P2L (Pekarangan Pangan Lestari) dengan memberikan bantuan berupa benih sayuran, polibag, pupuk organik, pupuk susulan , rumah bibit dan sarana produksi pertanian," tandas Lukman. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru