Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebanyak 1.733 Orang Ikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia di 2023

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Januari 2024 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam kurun waktu Januari sampai dengan Desember 2023 ada sebanyak 1.733 orang yang mengikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia atau UKBI dengan bantuan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah.

"Untuk partisipan UKBI selama 2023 ada sebanyak 1.733 orang yang turut serta dalam Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia," kata Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Muis pada Senin, 22 Januari 2024.

Hal ini dikatakan Muis saat menyelenggarakan taklimat media di Kafe Mamink Kitchen kemarin dengan dihadiri oleh sejumlah awak media untuk membahas dan membagikan pencapaian serta produk Balai Bahasa sepanjang tahun 2023.

"Partisipan UKBI ini dari berbagai lapisan profesi sehingga harapan kita ini dapat menciptakan literasi bahasa yang lebih luas dan mendalam," katanya lagi.

Selain itu, lanjut Muis, beberapa capaian yang diumumkan pada taklimat media ini antara lain bahwa Balai Bahasa berhasil membina dan didampingi 22 komunitas literasi, menjadi wadah yang produktif untuk meningkatkan minat baca di masyarakat.

"Kemudian Sebanyak 1.903 penutur bahasa berhasil terbina, menunjukkan komitmen Balai Bahasa dalam menjaga keberagaman bahasa di Kalimantan Tengah," katanya.

Selain itu, lanjut Muis, dukungan terhadap penggunaan bahasa diperluas melalui binaan terhadap 47 lembaga, memperkuat identitas dan keberlanjutan bahasa.

Kepala Balai, Muhammad Muis didampingi Kasubbag Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, R Hery Budhiono saat memaparkan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2023 tersebut. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru