Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lahan Kosong di Komplek Perkantoran Pemko Palangka Raya Ditanami Cabai

  • Oleh Hendri
  • 23 Januari 2024 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pj Wali Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu memimpin penanaman bibit cabai di kawasan perkantoran Pemko, Jalan Ir Soekarno tepatnya di belakang kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Selasa, 23 Januari 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengendalian inflasi yang bertujuan untuk meningkatkan produksi dan ketersediaan cabai di kota tersebut.

Ada lebih dari seribu bibit cabai yang ditanam bersama dengan kepala SOPD serta Forkofimda terkait.

Hera mengatakan, penanaman cabai ini diharapkan dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah atau kantor untuk bercocok tanam.

"Kita ingin menunjukkan bahwa cabai bisa ditanam di mana saja, asalkan ada air dan sinar matahari yang cukup. Cabai ini nantinya bisa kita panen dan konsumsi sendiri atau dijual ke pasar. Selain menghemat pengeluaran, kita juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan," katanya.

Ia menambahkan, penanaman cabai ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor cabai dari luar daerah.

Dengan meningkatkan produksi cabai lokal, diharapkan harga cabai di pasaran bisa stabil dan terjangkau. Hasilnya nanti juga bisa diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kita tahu bahwa cabai merupakan salah satu bumbu masakan yang banyak digunakan oleh masyarakat kita. Namun, seringkali kita mengalami kenaikan harga cabai yang cukup tinggi akibat faktor cuaca, hama, atau pasokan yang terbatas," ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sugiyanto mengatakan, pihaknya akan terus memberikan bantuan dan dukungan kepada para petani cabai di Palangka Raya.

Selain menyediakan bibit, pupuk, dan pestisida, pihaknya juga akan memberikan bimbingan teknis dan pemasaran.

Berita Terbaru