Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Kirimkan Bantuan untuk Warga Terdampak Banjir di 26 Desa

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Januari 2024 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Bencana banjir melanda 26 desa, di lima kecamatan, yaitu Mantangai, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Kectimpah dan Kecamatan Dadahup beberapa waktu terakhir ini.

Atas kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui instansi terkait mengirimkan bantuan logistik untuk warga terdampak banjir pada Selasa, 23 Januari 2024.

Armada yang mengangkut sejumlah bantuan tersebut dilepas langsung oleh Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi, bertempat di Halaman Rumah Jabatan Bupati Kapuas Jalan Jenderal Sudirman.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan pengiriman bantuan ini adalah wujud dari kehadiran cepat dari pemerintah daerah di tengah-tengah masyarakat yang mengalami musibah banjir.

"Kami pesankan kepada tim yang menuju kesana agar nanti di dalam menyerahkan bantuan ini juga perlu kehati-hatian jaga kesehatan, keselamatan, kesehatan diri sendiri juga harus diperhatikan. Semoga bantuan ini berguna untuk saudara-saudara kita yang terdampak banjir di sana,” kata Erlin.

Dia juga mengharapkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas memperhatikan para relawan agar diberikan suplemen dan vitamin untuk kegiatan di lapangan. 

“Saya harapkan juga tim dari Pusdalops BPBD mengantisipasi kemungkinan terjadi banjir di daerah hilir akibat banjir kiriman daerah hulu agar dipersiapkan bantuan itu berupa sembako maupun sarana dan prasarana yang perlu dilengkapi," pesannya.

Ia memberikan semangat kepada semua personel, karena sambung dia inilah salah satu bentuk dari kehadirian dan reaksi cepat dari relawan (BPBD dan TAGANA) karena inilah juga momen melayani masyarakat.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga menjelaskan banjir terjadi karena disebabkan hujan dengan intensitas yang tinggi di beberapa Kecamatan Kabupaten Kapuas, pada awal bulan Januari 2024 sehingga terjadi luapan Derah Aliran Sungai (DAS) Kapuas.

Mengakibatkan terendamnya permukiman dan lainnya di beberapa desa di wilayah lima kecamatan tersebut dengan Tinggi muka air (TMA) mulai dari 90 cm sampai 190 cm.

Berita Terbaru