Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan Gabungan dari Bartim Bantu Banjir di Barsel

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Januari 2024 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Puluhan relawan gabungan dari Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur turun ke lokasi banjir di kabupaten tetangga Barito Selatan, tepatnya jalan provinsi Desa Lembeng, Selasa, 22 Januari 2024.

Wakil Ketua BPK Samuja Ampah Davi Pramana menjelaskan, para relawan gabungan itu dikoordinir oleh Ketua BPK Samuja H Imamul Ahyar dan Kapten Rakhmat Hidayat.

"Pertama saat rekan-rekan relawan gabungan ke Barsel mereka melaporkan kedatangan dulu di kantor BPBD Barsel untuk menyampaikan niat membantu serta berkoordinasi apa saja yang bisa dilakukan," katanya.

Relawan gabungan itu membawa logistik, peralatan rescue (penyelamatan) air seperti perahu, set mesin, life jacket, sepatu air dan alat penerangan.

"Itu nanti jika dibutuhkan semua sudah tersusun rapi di dalam mobil rescue saat keberangkatan, dan logistik yang dibawa saya kira cukup untuk bertahan sampai 4 hari ke depan," jelas pria yang menjabat sebagai Lurah Ampah Kota ini.

Dia menjelaskan bantuan relawan di Desa Lembeng sangat dibutuhkan karena lokasi banjir jauh dari pemukiman penduduk namun memotong jalan poros provinsi yang menjadi penghubung utama antar kabupaten di Kalteng maupun dengan provinsi lain. Meski demikian ada juga relawan yang dibagi ke titik banjir lainnya.

"Jadi di lokasi itu relawan gabungan membantu warga menyeberang dan bongkar muat bahan dagangan yang mau masuk ke Bartim maupun Barsel termasuk berbagai bahan kebutuhan pokok," terang Davi.

"Saya juga sudah perintahkan kawan-kawan kalau ketemu truk yang angkut bahan pokok tolong dibantu penyaluran ke sebelah agar barang-barang kita di pasar tidak langka dan tidak melonjak harganya, mengingat bahan-bahan ini dari Kalsel biasanya muter pengantarannya dari Banjarmasin, terus ke Palangka Raya, Pujon, Barsel, Bartim dan balik ke arah Banjarmasin lagi," tambahnya.

Pada video yang diterima Borneonews, terlihat relawan gabungan juga membantu menyeberangkan peti berisi jenazah dari ambulans yang satu ke ambulans di seberang yang siap melanjutkan pengantaran jenazah.

Hingga berita ini diturunkan, relawan gabungan dari Kecamatan Dusun Tengah Barito Timur masih berada di lokasi banjir Desa Lembeng Barito Selatan. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru