Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 4 Tips Sederhana Penuhi Gizi Harian dari Kadinkes Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 25 Januari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palangka Raya drg Andjar Hari Purnomo, membagikan empat tips sederhana untuk memenuhi gizi harian bagi masyarakat.

Menurut Andjar, gizi yang seimbang dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu cara untuk menerapkan gizi seimbang adalah dengan mengatur porsi makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Ada empat tips yang bisa diikuti oleh masyarakat untuk memenuhi gizi harian mereka, yaitu pertama, konsumsi karbohidrat sebanyak 2/3 dari setengah piring. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh, yang bisa didapatkan dari beras, jagung, singkong, ubi, atau roti.

Kedua, konsumsi lauk pauk dengan porsi 1/3 dari setengah piring. Lauk pauk adalah sumber protein, baik hewani maupun nabati, yang berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Contoh lauk pauk hewani adalah daging, telur, ikan, susu, atau keju. Contoh lauk pauk nabati adalah kacang-kacangan, tahu, atau tempe.

Ketiga, konsumsi buah-buahan dengan porsi 2/3 dari setengah piring. Buah-buahan adalah sumber vitamin, mineral, dan serat, yang berperan dalam menjaga fungsi tubuh dan sistem imun. Contoh buah-buahan yang baik dikonsumsi adalah pisang, apel, jeruk, pepaya, atau melon.

Keempat, konsumsi sayuran dengan porsi 1/3 dari setengah piring. Sayuran juga mengandung vitamin, mineral, dan serat, yang membantu pencernaan dan mencegah penyakit degeneratif. Contoh sayuran yang sehat adalah bayam, kangkung, wortel, brokoli, atau tomat.

Dengan mengikuti empat tips tersebut, Andjar masyarakat dapat meningkatkan kualitas gizi mereka dan mencegah masalah gizi seperti stunting, obesitas, anemia, atau diabetes.

"Saya mengingatkan kepada masyarakat pentingnya minum air putih yang cukup, menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula, garam, atau lemak berlebih, serta melakukan aktivitas fisik yang teratur," pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru