Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesbangpol Barut Sosialisasi Pendaftaran dan Tahapan Seleksi Calon Paskibraka 2024

  • Oleh Ramadani
  • 26 Januari 2024 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Badan Kesatuan bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat melaksanakan sosialiasi pendaftaran dan tahapan seleksi calon paskibraka tahun 2024 tingkat SMA/SMK/MA, di aula setda lantai I, Kamis, 25 Januari 2024.

Kegiatan tersebut dihadir Camat se Barito Utara, Kepala SMA, SMK, MA se Barito Utara, pelatih paskibraka dari TNI/Polri, pembina ekstrakulikuler serta undangan lainnya.

Kepala Badan Kesbangpol Barito Utara Rayadi mengatakan, program paskibraka merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa berkarakter Pancasila yang dilaksanakan melalui pembinaan kepemimpinan, keterampilan dan kedisiplinan yang menjunjung nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan, dan peningkatan wawasan kebangsaan kepada putra dan putri terbaik bangsa. 

Untuk memberikan kepastian hukum dan sebagai pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pembentukan paskibraka dan panduan teknis bagi seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pembentukan paskibraka tingkat kabupaten/kota dan provinsi tahun 2024, Badan Pembina Ideologi Pancasila menerbitkan surat nomor : 128/PE.00.04/01/2024/WK.BPIP tanggal 19 Januari 2024, hal pembentukan Paskibraka. 

“Untuk rekrutmen dan seleksi Paskibraka di tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024 dilaksanakan dengan ketentuan pendaftaran calon paskibraka dilaksanakan melalui halaman paskibraka.bpip.go.id, dilaksanakan selama 14 hari,” kata Rayadi.

Sedangkan jadwal seleksi calon paskibraka tingkat Kabupaten Barito Utara dimulai dari minggu pertama bulan Februari sampai dengan minggu keempat bulan April tahun 2024. 

“Seleksi paskibraka di tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024 terdiri atas seleksi administrasi, seleksi pancasila dan wawasan Kebangsaan, seleksi intelegensi umum, seleksi kesehatan, seleksi peraturan baris berbaris dan kesamaptaan, serta seleksi kepribadian,” imbuhnya. 

Pada kesempatan itu, Pj Sekda juga menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Utara berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaran paskibraka tahun 2024, dimulai dari kepala SMA, SMK, MAN serta pembina ekstrakulikuler paskibraka, Badan Kesbangpol Kabupaten Barito Utara serta tim seleksi agar betul-betul selektif dan adil dalam penyeleksian calon peserta paskibraka tingkat kabupaten.

“Sehingga nantinya Paskibraka dari Kabupaten Barito Utara bisa tampil di tingkat Provinsi bahkan ditingkat Nasional serta dapat mengharumkan nama Kabupaten Barito Utara yang kita cintai,” harapnya. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru