Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Berikut Sejumlah Rempah Dapat Berkhasiat Bagi Kesehatan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 26 Januari 2024 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Promkes Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan edukasi yang membahas tentang khasiat rempah-rempah bagi kesehatan tubuh kepada masyarakat

Ketua Pokja Komunikasi dan Edukasi (KE), dr Erny Indrawati didampingi, Popo Subroto selaku Koordinator Unit Promkes RSUD Kapuas menyampaikan informasi tersebut juga melalui radio siaran pemerintah daerah.

dr Erny menyampaikan sejumlah rempah yang dapat memberikan khasiat bagi kesehatan di antaranya jahe, kunyit, kencur, serai, lengkuas, dan kayu manis.

Mulai dari jahe, Erny menyebutkan rempah ini berfungsi sebagai rubefasient (penghangat badan), dimana jahe memiliki aroma yang khas dan berkhasiat obat. Manfaat jahe yaitu Sebagai makanan. 

Jahe dapat diolah menjadi makanan, seperti asinan jahe, jahe bubuk, manisan kering jahe, permen, selai, biscuit, puding, dan masih banyak lainnya. Sebagai minuman. Wedang jahe, kopi jahe, teh jahe, bandrek, sirup jahe, sekoteng. 

Serta sebagai bahan obat tradisional, di Indonesia, China, India, jahe dapat digunakan untuk mengatasi batuk, demam, diare, rematik, bronchitis, asma, penyakit jantung, influenza, kembung. 

"Jahe juga dapat digunakan sebagai pencahar, penambah selera makan, serta sebagai penghangat badan. Irisan jahe yang diisap dapat berkhasiat melegakan tenggorokan," katanya, Jumat, 26 Januari 2024.

Lalu, rempah berikutnya adalah kunyit, mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, dan bisdesmetoksikumin; minyak atsiri, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, garam-garam, mineral (besi, fosfor, dan kalsium). 

"Manfaat kunyit antara lain, sebagai bumbu dapur dalam enambah citarasa serta memberi warna pada makanan, sekaligus menjadi pengawet alami makanan karena kunyit memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan mikroba," jelasnya.

Kunyit juga dapat mencegah anemia karena kunyit memiliki kandungan zat besi, sebagai anti kanker. Kurkumin merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel bahkan sampai merusak DNA. 

Berita Terbaru